PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | 1.1 Mendeskripsi-kan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat | | · Menjelaskan pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat. · Menjelaskan manfaat norma · Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat · Menjelaskan macam-macam norma · Menjelaskan sumber-sumber norma masyarakat. · Menjelaskan sanksi pelanggaran norma | |
| 1.2 Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara | | · Menjelaskan pengertian hukum · Menjelaskan pembagian hukum menurut bentuk, sifat dan isinya. · Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat · Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara · Menjelaskan tugas penegak hukum di negara RI · Menjelaskan macam-macam peradilan · Menjelaskan negara Indonesia adalah negara hukum | |
| 1.3 Menerapkan norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | | · Memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma dalam hidup berbangsa dan bernegara · Memberikan contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat. · Menghormati dan menjunjung tinggi norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan masyarakat. · Mematuhi peraturan yang berlaku dalam hidup bermasyarakat · Penerapan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat | |
2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama | 2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan | | · Menguraikan ciri-ciri perjuangan bangsa Indo nesia sebelum dan sesudah Tahun 1908. · Menjelaskan penderitaan rakyat pada masa penjajahan. · Menjelaskan faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya · Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa · Menjelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan | |
| 2.2 Mendeskripsi-kan suasana kebatinan konstitusi pertama | | · Menjelaskan peristiwa Rengas Dengklok · Menjelaskan peristiwa perumusan naskah proklamasi · Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia | |
| 2.3.Menganalisis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945 | | · Menjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Menjelaskan hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945. | |
| 2.4 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan | | · Menerapkan cara sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI · Memberi contoh cara menghargai para pahlawan · Menunjukkan perilaku untuk meneladani sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan · Menunjukkan perilku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI. | |
Jumlah | |
Mengetahui, Kepala SMP/Mts ………………… (__________________________) NIP : | | …….……..,…………………… 20 ……. Guru Mapel PKN (_______________________) NIP : |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII (1) / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan | 3.1 Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM | | · Menjelaskan pengertian HAM · Menjelaskan sejarah perjuangan HAM · Menjelaskan dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia · Menunjukkan lembaga perlindungan HAM · Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional · Menunjukkan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang HAM · Menjelaskan berbagai instrumen HAM | | |
| 3.2 Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM | | · Memberikan contoh pelanggaran HAM · Menganalisis pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. · Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia · Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM | | |
| 3.3 Menghargai upa ya perlindungan HAM | | · Menguraikan peranan lembaga perlindungan HAM · Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM | | |
| 3.4 Menghargai upa ya penegakkan HAM | | · Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya · Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya | | |
4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat | 4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat | | · Menjelaskan pengertian kemerdekaan mengeluarkan pendapat · Menyebutkan perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat · Menjelaskan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dimuka umum · Menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar · Mengkaji akibat pem batasan kemerdekaan mengemukakan pendapat · Mendeskripsikan konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas | | |
| 4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | | · Menjelaskan alasan mengemukakan pendapat harus dilandasi kebebasan yang bertanggung jawab · Menjelaskan tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum · Menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab · Menjelaskan tata cara mengeluarkan pendapat dimuka umum | | |
| 4.3Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | | · Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab · Menerapkan kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah, masyarakat secara bertanggung jawab | | |
Jumlah | | | | ||
Mengetahui, Kepala SMP/Mts ………………… (__________________________) NIP : | | …….……..,…………………… 20 ……. Guru Mapel PKN (_______________________) NIP : |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila | 1.1.Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara | | · Menyimpulkan pengertian Idiologi · Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara · Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara · Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh | | |
| 1.2. Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara | | · Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia di masa lalu dan sekarang · Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila | | |
| 1.3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | · Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila · Menunjukkan sikap positif para pendiri negara terhadap Pancasila ketika akan disyahkan oleh PPKI menjadi dasar negara · Menjelaskan alasan para pendiri negara memilih Pancasila sebagai dasar negara bukan idiologi lain · Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila | | |
| 1.4. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat | | · Memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan sila 1 s.d. sila ke lima dalam kehidupan (keluarga, sekolah dan masyarakat) | | |
2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia | 2.1.Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia | | · Menjelaskan pengertian konstitusi · Mengindentifikasi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia · Menjelaskan ketata negaraan menurut UUD 1945 · Menjelaskan ketata negaraan menurut Kostitusi RIS kurun waktu 1949 s.d. 1950 · Menjelaskan ketata negaraan menurut UUDS 1950 kurun waktu 1950 s.d. 1959 · Menjelaskan pelaksanaan ketata negaraan menurut UUD 1945 kurun waktu 1959 s.d. 1965 · Menjelaskan sistem ketatanegaraan menurut UUD 1945 hasil Perubahan | | |
| 2.2.Menganalisis penyimpangan Penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia | | · Menjelaskan Penyimpangan secara hukum pada masa berlakunya UUD 1945 periode 1945—1949 · Mengidentifikasi kejadian-kejadian secara hukum maupun secara politik pada masa berlakunya UUDS 1950 · Mengidentifikasi penyimpangan yang terjadi pada masa berlakunya UUD 1945 pada kurun waktu 1959 s.d. 1998 | | |
| 2.3.Menunjukkan hasil-hasil Perubahan UUD 1945 | | · Menjelaskan alasan terjadinya · perubahan terhadap UUD 1945 · Menjelaskan Sistimatika UUD 1945 setelah terjadi perubahan · Mengidentifikasi Jenis – jenis hasil perubahan terhadap UUD 1945 | | |
| 2.4 Menampilkan sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen | | · mengamti sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil perubahan · Menampilkan perilaku positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil perubahan | | |
3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional | 3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional | | · Menjelaskan pengertian perundang-undangan Nasional · Menjelaskan pentingnya peraturan perundang-undangan · Menjelaskan Tata urutan Perundang-undangan menurut UUNo. 10. Th 2004 · Menjelaskan lembaga pembuat perundang-undangan Nasional | | |
| 3.2. Mendeskripsi-kan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional | | · Menguraikan proses pembentukan UUD 1945 · Menguraikan proses perubahan UUD 1945 · Mendeskripsikan proses pembentukan undang-undang · Menjelaskan proses pembuatan pembentukan Perpu · Menjelaskan proses pembuatan peraturan pemerintah · Menjelaskan Proses pembuatan keputusan Presiden · Menjelaskan Proses pembuatan Peraturan Daerah | | |
| 3.3.Mentaati peraturan perundang-undangan nasional | | · Menampilkan Sikap mentaati perundangan undangan tentang pendidikan · Menampilkan perilaku mentaati perundangan undangan Narkoba · Menampilkan perilaku mentaati perundangan undangan nasional | | |
| 3.4. Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | | · Menjelaskan pengertian korupsi · Mengidentifikasi kasus-kasus korupsi yang terjadi dalam masyarakat · Mengidentifikasi akibat korupsi bagi kehidupan masyarakat · Memberikan contoh upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam pemberantasan korupsi · Memberikan contoh sikap kritis terhadap setiap tindakan korupsi · Memberikancontoh dukungan terhadap pemberantasan korupsi | | |
| 3.5. Mendeskripsikan pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia | | · Merumuskan pengertian anti korupsi · Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi · Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi | | |
Jumlah | | | | ||
Mengetahui, Kepala SMP/Mts ………………… (__________________________) NIP : | | …….……..,…………………… 20 ……. Guru Mapel PKN (_______________________) NIP : |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan | 4.1 Menjelaskan hakikat demokrasi | | · Menyimpulkan Pengertian Demokrasi · Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi · Mengidentifikasi Prinsip-prinsip pemerintahan demokrasi · Menyebutkan Macam-macam demokrasi · Menjelaskan pengertian Demokrasi Pancasila · Menyebutkan Landasan pelaksanaan Demokrasi Indonesia | | |
| 4.2 Menjelaskan pentingnya kehidupan demokratis dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | | · Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara · Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi, dibanding dengan sistem pemerintahan non demokrasi · Memberikan contoh masyarakat yang emokratis | | |
| 4.3 Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan | | · Memberikan contoh sikap dan perilaku demokrasi dalam kehidupan keluarga, sekolah, bangsa dan negara | | |
5. Memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di Indonesia | 5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat | | · Merumuskan pengertian kedaulatan · Menjelaskan pengertian kedaulatan rakyat · Menjelaskan pengertian kedaulatan kedalam dan keluar · Menjelaskan macam-macam teori kedaulatan · Menjelaskan kedaulatan yang dianut oleh bangsa Indonesia dan landasan hukumnya | | |
| 5.2.Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat | | · Menjelaskan pengertian sistem pemerintahan · Menjelaskan sistem pemerintahan presidentil · Menjelaskan sistem pemerintahan parlementer · Menjelaskan sistem pemerintahan RI menurut UUD 1945 · Menjelaskan pembagian kekuasaan menurut Montesque · Menjelaskan tugas lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat | | |
| 5.3.Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia | | · Memberikan contoh sikap positip pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam lngkungan masyarakat dan sekolah | | |
Jumlah | | | | ||
Mengetahui, Kepala SMP/Mts ………………… (__________________________) NIP : | | …….……..,…………………… 20 ……. Guru Mapel PKN (_______________________) NIP : |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IX (3) / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara | 1.1.Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara | | · Menjelaskan pengertian negara · Menjelaskan unsur-unsur negara · Menentukan tujuan negara · Menjelaskan fungsi negara · Menjeskan hakikat Pembelaan negara · Menjelaskan alasan pentingnya bela negara bagi warga negara | | |
| 1.2.Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara | | · Menunjukkan peraturan per undangan tentang pembelaan negara · Menjelaskan pengertian sishankamrata · Menjelaskan bentuk-bentuk pembelaan negara · Menjelaskan bentuk-bentuk ancaman terhadap negara. · Menjelaskan komponen pertahanan negara | | |
| 1.3.Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara | | · Menentukan sikap terhadap berbagai ancaman dalam berbagai lingkungan · Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya | | |
2. Memahami pelaksanaan Otonomi daerah | 2.1 Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah | | · Menjelaskan pengertian otonomi daerah · Menjelaskan berbagai peraturan perundangan mengenai otonomi daerah · Menjelaskan tujuan Otonomi Daerah · Menyebutkan prinsip Otonomi Daerah · Menguraikan arti penting otonomi daerah bagi bangsa dan negara · Membedakan urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah · Menguraikan penyelenggaraan pemerintahan daerah | | |
| 2.2 Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah | | · Menguraikan pengertian kebijakan, kebijakan publik · Menguraikan proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik · Menjelaskan arti penting partisipasi masyarakat dalam perumusan · Menjelaskan tujuan kebijakan publik · Menjelaskan konsekuensi ketidakikutsertaan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik · Melakukan partisipasi dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah | | |
Jumlah | | | | ||
Mengetahui, Kepala SMP/Mts ………………… (__________________________) NIP : | | …….……..,…………………… 20 ……. Guru Mapel PKN (_______________________) NIP : |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IX (3) / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | 3.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia | | · Menjelaskan makna globalisasi · Menjelaskan faktor penyebab globalisasi · Menjelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia | | |
| 3.2.Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global | | · Menjelaskan hakekat politik luar negeri bebas aktif · Menguraikan landasan hukum politik luar negeri Indonesia · Menjelaskan peranan Indonesia dalam hubungan Internasional di era globalisasi ! | | |
| 3.3 Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara | | · Menjelaskan dampak globalisasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan bernegara · Menjelaskan dampak globalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | | |
| 3.4 Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi | | · Menentukan sikap terhadap dampak positif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernagara · Menentukan sikap terhadap dampak negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara · Menguraikan dampak globalisasi terhadap berbagai kehidupan masyarakat · Bersikap kritis terhadap dampak globalisasi | | |
4. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa | 4.1 Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa | | · Menjelaskan Pengertian Prestasi Diri · Menjelaskan Arti Penting Prestasi Diri bagi Keunggulan bangsa Indonesia | | |
| 4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan | | · Menjelaskan Pengertian potensi diri · Menganalisis Kelebihan dan kelemahan diri · Memberi contoh Perwujudan potensi diri dalam berprestasi diri · Melakukan berbagai kegiatan di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk mewujudkan keunggulan bangsa | | |
| 4.3 Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa | | · Menentukan sikap positif yang diperlukan dalam prestasi diri · Menentukan sikap negatif yang harus dihilangkan dalam berprestasi diri · Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk berprestasi demi keunggulan bangsa | | |
Jumlah | | | | ||
Mengetahui, Kepala SMP/Mts ………………… (__________________________) NIP : | | …….……..,…………………… 20 ……. Guru Mapel PKN (_______________________) NIP : |
No comments:
Post a Comment