Thursday 13 October 2011

PEMETAAN DAN SK, KD






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Menunjukkan sikap positif  terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.1 Mendeskripsi-kan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat


·       Menjelaskan pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat.
·       Menjelaskan manfaat norma
·       Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
·       Menjelaskan  macam-macam norma
·       Menjelaskan sumber-sumber norma masyarakat.
·       Menjelaskan sanksi pelanggaran norma









1.2 Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara


·       Menjelaskan pengertian hukum
·       Menjelaskan pembagian hukum menurut bentuk, sifat dan isinya.
·       Menjelaskan pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat
·       Menjelaskan tujuan ditetapkannya  hukum dalam suatu negara
·       Menjelaskan tugas penegak hukum di negara  RI
·       Menjelaskan macam-macam peradilan
·       Menjelaskan  negara Indonesia adalah negara hukum  


1.3 Menerapkan norma-norma  kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

·       Memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan  norma dalam hidup berbangsa dan bernegara
·       Memberikan contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat.
·       Menghormati dan menjunjung tinggi norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan masyarakat.
·       Mematuhi peraturan yang berlaku dalam hidup bermasyarakat
·       Penerapan  norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat


2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
2.1  Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan





·       Menguraikan ciri-ciri  perjuangan bangsa Indo nesia sebelum dan sesudah Tahun 1908.
·       Menjelaskan penderitaan rakyat pada masa penjajahan.
·       Menjelaskan faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya
·       Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
·       Menjelaskan  pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan


2.2  Mendeskripsi-kan suasana kebatinan konstitusi pertama





·       Menjelaskan peristiwa Rengas Dengklok
·       Menjelaskan peristiwa perumusan naskah proklamasi
·       Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia


2.3.Menganalisis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

·     Menjelaskan suasana sidang PPKI  tanggal 18-8-1945
·       Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945
·       Menjelaskan hubungan  proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan   UUD 1945.


2.4  Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan





·       Menerapkan  cara sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI
·       Memberi contoh cara menghargai para pahlawan
·       Menunjukkan perilaku untuk meneladani sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan
·       Menunjukkan perilku positif  terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI.

Jumlah





Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :





PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : VII (1) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
3.1  Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM


·       Menjelaskan pengertian HAM
·       Menjelaskan sejarah perjuangan HAM
·       Menjelaskan dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia
·       Menunjukkan lembaga perlindungan  HAM
·       Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional 
·       Menunjukkan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang HAM
·       Menjelaskan  berbagai instrumen HAM


3.2  Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM


·       Memberikan contoh pelanggaran HAM
·       Menganalisis pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
·       Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia
·       Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM


3.3  Menghargai upa ya perlindungan HAM


·       Menguraikan peranan  lembaga perlindungan HAM
·       Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM


3.4  Menghargai upa ya penegakkan HAM


·       Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya
·       Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya

4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat

·       Menjelaskan pengertian kemerdekaan mengeluarkan pendapat
·       Menyebutkan perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
·       Menjelaskan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dimuka umum
·       Menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar
·       Mengkaji akibat pem batasan kemerdekaan mengemukakan pendapat
·       Mendeskripsikan konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas


4.2  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab


·       Menjelaskan alasan  mengemukakan pendapat harus dilandasi kebebasan yang bertanggung jawab
·       Menjelaskan tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum
·       Menjelaskan  tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
·       Menjelaskan tata cara mengeluarkan pendapat dimuka umum


4.3Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

·       Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
·       Menerapkan kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah, masyarakat  secara bertanggung jawab

Jumlah










Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
1.1.Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara


·       Menyimpulkan pengertian Idiologi
·       Menjelaskan  pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara
·       Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
·       Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh


1.2. Menguraikan  nilai-nilai Pancasila  sebagai  dasar negara  dan ideologi negara



·       Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia di masa lalu dan sekarang
·       Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila


1.3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


·       Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
·       Menunjukkan sikap positif para pendiri negara terhadap Pancasila ketika akan disyahkan oleh PPKI  menjadi dasar negara 
·       Menjelaskan alasan para pendiri negara memilih Pancasila sebagai dasar negara bukan idiologi lain
·       Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila


1.4. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat

·       Memberikan contoh perilaku  yang sesuai dengan sila 1 s.d. sila ke lima dalam kehidupan (keluarga, sekolah dan masyarakat)

2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
2.1.Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia


·       Menjelaskan pengertian konstitusi
·       Mengindentifikasi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
·       Menjelaskan ketata negaraan menurut UUD 1945
·       Menjelaskan ketata negaraan menurut Kostitusi RIS kurun waktu 1949 s.d. 1950
·       Menjelaskan ketata negaraan menurut UUDS 1950 kurun waktu 1950 s.d. 1959
·       Menjelaskan pelaksanaan ketata negaraan menurut UUD 1945 kurun waktu 1959 s.d. 1965
·       Menjelaskan  sistem ketatanegaraan  menurut  UUD 1945 hasil Perubahan


2.2.Menganalisis penyimpangan
Penyimpangan
        terhadap
        konstitusi yang
        berlaku di
        Indonesia


·       Menjelaskan Penyimpangan secara hukum pada masa berlakunya  UUD 1945 periode 1945—1949
·       Mengidentifikasi kejadian-kejadian secara hukum maupun secara politik  pada masa  berlakunya UUDS 1950
·       Mengidentifikasi penyimpangan yang terjadi pada masa berlakunya UUD 1945 pada kurun  waktu 1959 s.d. 1998


2.3.Menunjukkan  hasil-hasil Perubahan UUD 1945



·       Menjelaskan alasan terjadinya
·       perubahan terhadap UUD 1945
·       Menjelaskan Sistimatika UUD 1945 setelah terjadi perubahan
·       Mengidentifikasi Jenis – jenis hasil perubahan terhadap UUD 1945


2.4 Menampilkan sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen

·       mengamti sikap positif  terhadap pelaksanaan UUD 1945  hasil perubahan
·       Menampilkan  perilaku positif  terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil perubahan

3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional
3.1  Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional

·   Menjelaskan pengertian perundang-undangan Nasional
·   Menjelaskan  pentingnya peraturan perundang-undangan
·   Menjelaskan  Tata urutan Perundang-undangan menurut UUNo. 10. Th 2004
·   Menjelaskan lembaga pembuat perundang-undangan Nasional


3.2. Mendeskripsi-kan proses
       pembuatan peraturan perundang-undangan nasional


·   Menguraikan proses pembentukan UUD 1945
·   Menguraikan proses perubahan UUD 1945
·   Mendeskripsikan proses pembentukan undang-undang
·   Menjelaskan proses pembuatan pembentukan Perpu
·    Menjelaskan proses pembuatan peraturan pemerintah
·   Menjelaskan Proses pembuatan keputusan Presiden
·   Menjelaskan Proses pembuatan Peraturan Daerah


3.3.Mentaati peraturan perundang-undangan nasional


·   Menampilkan Sikap mentaati perundangan undangan tentang pendidikan
·   Menampilkan perilaku mentaati perundangan undangan Narkoba
·   Menampilkan perilaku mentaati perundangan undangan nasional


3.4. Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia



·   Menjelaskan pengertian korupsi
·   Mengidentifikasi kasus-kasus korupsi yang terjadi dalam masyarakat
·   Mengidentifikasi akibat korupsi bagi kehidupan masyarakat
·   Memberikan contoh upaya yang dilakukan oleh pemerintah  dalam pemberantasan korupsi
·   Memberikan contoh sikap kritis terhadap setiap tindakan korupsi
·   Memberikancontoh dukungan terhadap pemberantasan korupsi


3.5. Mendeskripsikan pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia


·   Merumuskan pengertian anti korupsi
·   Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi
·   Menyebutkan lembaga-lembaga
pemberantasan korupsi

Jumlah











Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
4.1  Menjelaskan hakikat demokrasi



·        Menyimpulkan Pengertian Demokrasi
·        Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi
·        Mengidentifikasi Prinsip-prinsip pemerintahan demokrasi
·        Menyebutkan Macam-macam demokrasi
·        Menjelaskan pengertian Demokrasi Pancasila
·        Menyebutkan Landasan pelaksanaan Demokrasi Indonesia


4.2  Menjelaskan pentingnya kehidupan demokratis dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara



·        Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
·        Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi, dibanding dengan sistem pemerintahan non demokrasi
·        Memberikan  contoh masyarakat yang emokratis


4.3  Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan


·        Memberikan contoh  sikap dan perilaku demokrasi dalam kehidupan keluarga, sekolah,  bangsa dan negara

5. Memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di Indonesia

5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat



·        Merumuskan pengertian kedaulatan
·        Menjelaskan  pengertian kedaulatan rakyat
·        Menjelaskan pengertian kedaulatan kedalam dan keluar
·        Menjelaskan macam-macam teori kedaulatan
·        Menjelaskan  kedaulatan yang dianut oleh bangsa Indonesia dan landasan hukumnya


5.2.Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat


·        Menjelaskan pengertian sistem pemerintahan
·        Menjelaskan sistem pemerintahan presidentil
·        Menjelaskan sistem pemerintahan parlementer
·        Menjelaskan sistem pemerintahan  RI menurut UUD 1945
·        Menjelaskan pembagian kekuasaan menurut Montesque
·        Menjelaskan tugas  lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat


5.3.Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia


·        Memberikan contoh sikap positip pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam lngkungan masyarakat dan sekolah

Jumlah











Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : IX (3) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Menampilkan  partisipasi dalam usaha pembelaan negara
1.1.Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara

·  Menjelaskan pengertian negara
·  Menjelaskan   unsur-unsur negara
·  Menentukan tujuan negara
·  Menjelaskan fungsi negara
·  Menjeskan hakikat  Pembelaan negara
·  Menjelaskan alasan pentingnya  bela  negara   bagi warga negara


1.2.Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara










·  Menunjukkan peraturan per undangan tentang pembelaan negara
·  Menjelaskan pengertian sishankamrata
·  Menjelaskan bentuk-bentuk pembelaan negara
·  Menjelaskan bentuk-bentuk ancaman terhadap negara.
·  Menjelaskan komponen pertahanan negara


1.3.Menampilkan   peran serta dalam usaha pembelaan negara


·  Menentukan sikap terhadap berbagai ancaman dalam berbagai lingkungan
·  Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya

2. Memahami pelaksanaan Otonomi daerah
2.1  Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah





·   Menjelaskan pengertian otonomi daerah
·   Menjelaskan berbagai peraturan perundangan mengenai otonomi daerah
·   Menjelaskan tujuan Otonomi Daerah
·   Menyebutkan prinsip Otonomi Daerah
·   Menguraikan arti penting otonomi daerah bagi bangsa dan negara
·   Membedakan urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah
·   Menguraikan penyelenggaraan pemerintahan daerah


2.2  Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah

·  Menguraikan pengertian kebijakan, kebijakan publik
·  Menguraikan proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik
·  Menjelaskan arti penting partisipasi masyarakat dalam perumusan
·  Menjelaskan tujuan kebijakan publik
·  Menjelaskan konsekuensi ketidakikutsertaan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik
·  Melakukan partisipasi dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah


Jumlah











Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :
    
…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :





PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : IX (3) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
3.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia


· Menjelaskan makna globalisasi
· Menjelaskan faktor penyebab globalisasi
· Menjelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia



3.2.Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global


·  Menjelaskan hakekat politik luar negeri bebas aktif
·  Menguraikan  landasan hukum politik luar negeri Indonesia
·  Menjelaskan peranan Indonesia dalam hubungan Internasional di era globalisasi !


3.3  Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara


·  Menjelaskan dampak globalisasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan bernegara
·  Menjelaskan dampak globalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


3.4  Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi

· Menentukan sikap terhadap dampak positif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernagara
· Menentukan sikap terhadap dampak negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Menguraikan dampak globalisasi terhadap berbagai kehidupan masyarakat
· Bersikap kritis terhadap dampak globalisasi

4. Menampilkan  prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
4.1  Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa


· Menjelaskan Pengertian Prestasi Diri
· Menjelaskan Arti Penting Prestasi Diri bagi Keunggulan bangsa Indonesia


4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan

· Menjelaskan Pengertian potensi diri
· Menganalisis Kelebihan dan kelemahan diri
· Memberi contoh Perwujudan potensi diri dalam berprestasi diri
· Melakukan berbagai kegiatan di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk mewujudkan keunggulan bangsa


4.3  Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa

· Menentukan sikap positif yang diperlukan dalam prestasi diri
· Menentukan sikap negatif yang harus dihilangkan dalam berprestasi diri
· Menampilkan  peran serta dalam berbagai aktivitas untuk berprestasi demi keunggulan bangsa

Jumlah










Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :

No comments:

Post a Comment