Sunday 29 January 2012

sillabus


                                   SILABUS
SEKOLAH                  :  SMPN 3 LMBANG
KELAS/SMT             :  VII/II
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

STANDAR KOMPETENSI : 3. MENAMPILKAN  SIKAP POSTIF TERHADAP PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK ASASIMANUSIA.

KOMPETENSI DASAR
MATERI   POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN

WAKTU

MEDIA



TEKNIK

BENTUK

3.1.Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM
Perlindungan HAM
Membaca dan mendiskusikan materi tentang tugas dan peran lembaga2 perlindungan HAM
v  Menyebutkan berbagai instrumen HAM
Tes tulis
Tes pilihan ganda
4 x40”
Buku Pkn





v  Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang2an nasional
Tes tertulis




Tes pilihan ganda




3.2.mendeskripsikan kasus pelanggaran HAM dan penegakan HAM
Perlindungan dan penegakan HAM
Mengamati ,,mencermati dan membuat laporan tentang pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
v  Menganalisis kasus2 pelanggaran HAM di indonesia
v  Mengemukakan cara2 penanganan pelanggaran HAM
Tes lisan

Penugasan
Daftar pertanyaan
Tugas rumah
Tugas proyek

4 x 40”



3.3.MENGHARGAI UPAYA PERLINDUNGAN HAM
Perlindungan dan penegakan HAM
Membaca dan mendiskusikan laporan tentang pasal2 UUD 45 hasil perubahan yang memuat kandungan hak asasi manusia
v  Menguraikan lembaga perlindungan HAM
v  Menyebutkan pasal2 dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan ham
Tes uraian

Skala sikap
Tes uraian
Skala sikap

8 x 40 “


3.4.MENGHARGAI UPAYA PERLINDUNGAN ham
Perlindungan HAM
Mengamati dan mencermatidan membuat laporan tentang upaya2 penegakan HAM  di lingkungan sekolah dan masyaraka sekitar tempat tinggal

v  Menampilkan sikap postif terhadap upaya penegakan dan perlindungan HAM DI WILAYANYA
v  Menunjukkan sikap postif terhadap upaya penegakan dan perlindungan  HAM di wilayanya
Quesioner
Skala sikap

4 x 40 “


4.1.menjelaskan hakekat mengemukakan pendapat
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Mengamati, mencermati dan membuat laporan tentang pelakanaan kemerdekaan menemukakan pendapat di lingkungan sekolh , keluarga, dan masyarakat sekitar tempat tinggal
v  Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat



v  Mengkaji akibat pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat
v  Mendeskripsikan konsekwensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa pandangan golongan
Tes tulis



Tes lisan





Tes lisan
Tes pilihan ganda


Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan

8 x 40 “


4.2.Menguraikan pentingnya kemrdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggun jawab
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Diskusi mempraktekkan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab dengan tema “ Larangan merokok bagi pelajar SMP di minta melaporkan tentang kesan dan pesan dari diskusi terebut.”
v  Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat
v  Menjelaskan hakekat kemrdekan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertangggung jawab
v  Mengemukakan tata  cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung  jawab






Tes tulis




Tes tulis







Tes lisan
Tes pilihan ganda



Tes pilihan ganda






Daftar pertanyan





4.3.Mengaktulisasikan kemerdekan mengemukakan pendaapat secara bebas dan bertanggung jawab
Kemerdekaanmengemukaka
pendapat
Mengamati, mencermati dan melaporkan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat dilingkungan  sekolah dan keluarga serta lingkungan sekitarnya.
v  Menunjukkan sikap poostif terhdap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
quesioner
Skala sikap

4 x 40 “

















         Mengetahui                                                                                                                                              Rajang 01 januari 2010
        Kepala sekolah SMPN 3 Lembang                                                                                                          Guru bid. Study



        Drs.Muh. Yunus.                                                                                                                    Yohanes  Rukka
Nip.19670705 199512 1 004                                                                                       Nip.19750214 200801 1 015






DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KABUPATEN PINRANG
SMPN 3 LEMBANG
Alamat. Jln Massapaila no 07 Rajang

SOAL – SOAL UTS
Bidang studi             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Semester      : VII/ Genap
Thn Ajaran                : 2009/ 2010
      NO.             E S S A Y   T E S T
1.      Jelaskan apa  yang dimaksud dengan hak asasi manusia ( HAM )
2.      Sebutkan lembaga – lembaga perlindungan HAM !
3.      Sebutkan jenis – jenis hak asasi manusia!
4.      Sebutkan dua macam kategori pelanggaran HAM  yang berat!
5.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan kejahatan “ Genosaide “





SILABUS
SEKOLAH                  :  SMPN 3 LMBANG
KELAS/SMT             :  VII/I
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

STANDAR KOMPETENSI : 1. Menunjukkan sikap postif terhadap norma- norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

KOMPETENSI DASAR
MATERI   POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN

WAKTU

MEDIA


TEKNIK

BENTUK
1.1. Mendeskripsikan hakikat norma- norma , kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Norma- norma dalam masyarakat
§  mencari impormasi dari berbagai sumber tentang norma2 kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat......

§  perbedaan macam2 norma yang berlaku dalam masyarakat

§  mencari impormasi akibat dari tidak mematuhi norma, adat, dan peraturan
- membuat laporan.
v  Menjelaskan hakekat norma
v  Menjelaskan pentingnya norma- norma dalam kehidupan bermasyarakat
v  Menguraikan macam – macam norma
Tes tulis
Tes  uraian
4 x40”
Buku Pkn

1.2. Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara
Norma- norma dalam masyarakat
§  Menjelaskan pengertian dan arti penting hukum
§  Menjelaskan perbedaan hukum publik dan hukum privat
§  Menjelaskan fungsi dan tujuan hukum dalam kehidupan
§  Menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan bermasyarakat
v  Menjelaskan pentingnya norma hkum dalam kehidupan bernegara
v  Menjelaskan tujuan di tetapkanna hukum dalam suatu negara
v  Menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan bermasyarakat
v  Perlunya penerapan norma kebiasaan, dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
Tes tertulis




Tes pilihan ganda



1.3. Menerapkan norma- norma kebiasaan , adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara
Norma- norma dalam masyarakat
v  Menjelaskan pentingnya penerapan norma –norma , kebiasaan , dan adat dalam kehidupan masyarakt                                                                                                 
v  Perlunya penerapan norma2 kebiasaan dan adat istiaadat yang berlaku dalam masyarakat






Tes lisan

Penugasan
Daftar pertanyaan
Tugas rumah
Tugas proyek

4 x 40”


STANDAR KOMPETENSI  : mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan  dan konstitusi yang pertama
2.1. menjelaskan makna proklamsi kemedekaan
Hubungan proklasmi kemerdekaan dengan UUD 1945
v  menelaah dan mendiskusikan  isi tulisan tentang sjarah penjajahan bangsa asing di indonesia
v  menguraikan sejarah perjuangna bangsa indonesia dalam mencapai kemerdekaan
v  menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
v  menjelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan





2.2. mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama
Hubungan proklamsi kemerdekaan denmgan UUD 1945
v  memebaca, mendiskusukkan, dan melaporkan suasana sidang PPKI TGL 18 agustus 1945
v  menjelaskan suasana sidang tgl 18 agustus 1945
v  menguraiakn hasil- hasil sidang PPKI 18 agustus 1945
v  mennganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945





2.3. menunjukkan sikap postif terhadap makna prok;lamasi kemerdekaan dan suasana  kebatinan konstitusi pertama
Hubungan proklamsi kemerdekaan denmgan UUD 194
v  membuat karangan singkat tentang makna proklamasi bagi kehidupannya kemasyarkat
v  menunjukka sikap postif terhadap makna  proklamasi  kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama