Friday 28 October 2011

RENUNGANKU

KALIMAT BERMAKNA DARI KATA- KATA BIJAK.

Kata Kata Bijak merupakan rangkaian kata yang menjadi kalimat sebagai perkataan yang dapat bermanfaat dan di renungi semua orang. Kata- Kata Bijak yang baik tentunya pula mengandung arti yang yang bermanfaat dan dapat di praktikan dengan tujuan yang baik. Nah Kata Kata Bijak tentunya sudah banyak di internet namun saya tetap akan memberikan Kata Kata Bijak yang beda untuk anda semua yang dapat di terapkan di kehidupan anda dan sekitarnya .


Buka mata kita lebar-lebar sebelum menikah, dan biarkan mata kita setengah terpejam sesudahnya

Persahabatan sejati layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya

Seorang sahabat adalah yang dapat mendengarkan lagu di dalam hatimu dan akan menyanyikan kembali tatkala kau lupa akan bait-baitnya


Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran. Dialah hiasan dikala kita senang dan perisai diwaktu kita susah


Namun kita tidak akan pernah memiliki seorang teman, jika kita mengharapkan seseorang tanpa kesalahan. Karena semua manusia itu baik kalau kita bisa melihat kebaikannya dan menyenangkan kalau kita bisa melihat keunikannya tapi semua manusia itu akan buruk dan membosankan kalau kita tidak bisa melihat keduanya.


Tak seorang pun sempurna. Mereka yang mau belajar dari kesalahan adalah bijak.


Menyedihkan melihat orang berkeras bahwa mereka benar meskipun terbukti salah

Bila Kita mengisi hati kita dengan penyesalan untuk masa lalu dan kekhawatiran untuk masa depan, kita tak memiliki hari ini untuk kita syukuri.


Perlukah merasa kecil dan malu dihina? Orang yang dihina itu sebenarnya memungut pahala cum-cuma tanpa perlu bersusah payah


Semulia-mulia manusia ialah siapa yang mempunyai adab, merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat. (Khalifah Abdul MAlik bin Marwan)


Barang siapa yang selalu kekenyangan maka banyaklah dagingnya, dan siapa yang banyak dagingnya maka kuatlah nafsunya. Siapa yang kuat nafsunya maka banyaklah dosanya, siapa yang banyak dosanya maka keraslah hatinya dan siapa yang keras hatinya maka tenggelamlah dia dalam bencana dunia serta keindahannya


Sesungguhnya sebagian perkataan itu ada yang lebih keras dari batu, lebih tajam dari tusukan jarum, lebih pahit daripada jadam dan lebih panas daripada bara. Sesungguhnya hati adalah ladang, maka tanamlah ia dengan perkataan yang baik, karena jika tidak tumbuh semuanya (perkataan yang tidak baik) niscaya tumbuh sebagiannya


Tidak ada simpanan yang lebih berguna daripada ilmu.


Tidak ada sesuatu yang lebih beruntung daripada adab.


Tidak ada kawan yang lebih bagus daripada akal.


Tidak ada benda ghaib yang lebih dekat daripada maut.

Sekali tidak berhasil bukan berarti gagal selamanya


Kebahagiaan takkan pernah bisa dibeli dengan uang


Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya.


Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina.

Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya.


Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga

Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil di sisi Allah laksana berada di atas mimbar yang terbuat dari cahaya.


Mereka itu orang-orang yang berlaku adil dalam menetapkan hukum
baik kepada rakyat maupun kepada keluarga


Tiga sifat yang menyebabkan penyandangnya tidak tentram dalam hidupnya : iri, dengki, dan akhlak buruk


Hiduplah Sesuka hatimu,


Sesungguhnya kamu pasti mati.


Cintai siapa saja yang kamu senangi,


Sesungguhnya kamu pasti akan berpisah dengannya.

Lakukan apa saja yang kamu kehendaki,


Sesungguhnya kamu akan memperoleh balasannya.


Yang penting bukan berapa lama kita hidup, tetapi bagaimana kita hidup.


Nasihat yang baik tidak pernah datang terlambat.


Iri hati yang ditunjukan kepada seseorang akan melukai diri sendiri.


Anda cuma bisa hidup sekali saja didunia ini, tetapi jika anda hidup dengan benar, sekali saja sudah cukup.


Kenangan indah masa lalu hanya untuk dikenang, bukan untuk diingat-ingat.


Rasa takut bukanlah untuk dinikmati, tetapi untuk dihadapi.


Orang bijaksana selalu melengkapi kehidupannya dengan banyak persahabatan.

Lidah anda yang menentukan siapa anda.


Diantara isi rumah tangga, anak-anaklah yang terbaik.


Cinta seringkali akan lari bila kita mencari, tetapi cinta jua seringkali dibiarkan pergi bila ia menghampiri.


Jika kejahatan di balas kejahatan, maka itu adalah dendam. Jika kebaikan dibalas kebaikan itu adalah perkara biasa. Jika kebaikan dibalas kejahatan, itu adalah zalim. Tapi jika kejahatan dibalas kebaikan, itu adalah mulia dan terpuji.


Jika Anda tidak memulai hari ini dengan senyuman, belum terlambat untuk mencobanya pada hari esok.


Kemarahan hanyalah satu kata yang dekat dengan bahaya.

Pikiran yang besar membicarakan ide-ide;
Pikiran yang rata-rata membicarakan kejadian-kejadian;
Dan pikiran yang kerdil membicarakan orang-orang.

Allah memberikan kepada setiap burung makanan mereka, tetapi Ia tidak melemparkan makanan itu ke dalam sarang mereka.

Ia yang kehilangan uang, kehilangan banyak;
Ia yang kehilangan seorang teman, kehilangan lebih banyak;
Tetapi ia yang kehilangan keyakinan, kehilangan semuanya.

Belajarlah dari kesalahan orang lain. Engkau tidak dapat hidup cukup lama untuk mendapatkan semua itu dari dirimu sendiri.

Lidah praktis tidak berat sama sekali, tetapi hanya sedikit orang yang dapat memegangnya.


Kata kata bijak di atas semoga bermanfaat untuk anda sekalian dan sekaligus juga bisa di jadikan referensi dalam kehidupan anda bermasyarakat.

NAMA DAN PERISTIWA


Peristiwa Rengasdengklok

Kamar peristirahatan Bung Karno di rumah Djiaw Kie Siong.
Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa dimulai dari "penculikan" yang dilakukan oleh sejumlah pemuda (a.l.Soekarni, Wikana dan Chaerul Saleh dari perkumpulan "Menteng 31" terhadap Soekarno dan Hatta. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.00. WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia,sampai dengan terjadinya kesepakatan antara golongan tua yang diwakili Soekarno dan Hatta serta Mr. Achmad Subardjo dengan golongan muda tentang kapan proklamasi akan dilaksanakan.
Menghadapi desakan tersebut, Soekarno dan Hatta tetap tidak berubah pendirian. Sementara itu di Jakarta, Chairul dan kawan-kawan telah menyusun rencana untuk merebut kekuasaan. Tetapi apa yang telah direncanakan tidak berhasil dijalankan karena tidak semua anggota PETA mendukung rencana tersebut.
Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia rencananya akan dibacakan Bung Karno dan Bung Hatta pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 di lapangan IKADA(yang sekarang telah menjadi lapangan Monas) atau di rumah Bung Karno di Jl.Pegangsaan Timur 56. Dipilih rumah Bung Karno karena di lapangan IKADA sudah tersebar bahwa ada sebuah acara yang akan diselenggarakan, sehingga tentara-tentara jepang sudah berjaga-jaga, untuk menghindari kericuhan, antara penonton-penonton saat terjadi pembacaan teks proklamasi, dipilihlah rumah Soekarno di jalan Pegangsaan Timur No.56. Teks Proklamasi disusun di Jakarta, bukan di Rengasdengklok, bukan di rumah seorang Tionghoa, Djiaw Kie Siong yang diusir dari rumahnya oleh anggota PETA agar dapat ditempati oleh "rombongan dari Jakarta". Naskah teks proklamasi di susun di rumah Laksamana Muda Maeda di Jakarta, bukan di Rengasdengklok. Bendera Merah Putih sudah dikibarkan para pejuang di Rengasdengklok pada Rabu tanggal 16 Agustus, sebagai persiapan untuk proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Karena tidak mendapat berita dari Jakarta, maka Jusuf Kunto dikirim untuk berunding dengan pemuda-pemuda yang ada di Jakarta. Namun sesampainya di Jakarta, Kunto hanya menemui Wikana dan Mr. Achmad Soebardjo, kemudian Kunto dan Achmad Soebardjo ke Rangasdengklok untuk menjemput Soekarno, Hatta, Fatmawati dan Guntur. Achmad Soebardjo mengundang Bung Karno dan Hatta berangkat ke Jakarta untuk membacakan proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur 56. Pada tanggal 16 tengah malam rombongan tersebut sampai di Jakarta.
Keesokan harinya, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 pernyataan proklamasi dikumandangkan dengan teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diketik oleh Sayuti Melik menggunakan mesin ketik yang "dipinjam" (tepatnya sebetulnya diambil) dari kantor Kepala Perwakilan Angkatan Laut Jerman, Mayor (Laut) Dr. Hermann Kandeler.[1]

[sunting]Latar belakang

Pada waktu itu Soekarno dan Moh. Hatta, tokoh-tokoh menginginkan agar proklamasi dilakukan melalui PPKI, sementara golongan pemuda menginginkan agar proklamasi dilakukan secepatnya tanpa melalui PPKI yang dianggap sebagai badan buatan Jepang. Selain itu, hal tersebut dilakukan agar Soekarno dan Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang. Para golongan pemuda khawatir apabila kemerdekaan yang sebenarnya merupakan hasil dari perjuangan bangsa Indonesia, menjadi seolah-olah merupakan pemberian dari Jepang.
Sebelumnya golongan pemuda telah mengadakan suatu perundingan di salah satu lembaga bakteriologi di Pegangsaan Timur Jakarta, pada tanggal 15 Agustus. Dalam pertemuan ini diputuskan agar pelaksanaan kemerdekaan dilepaskan segala ikatan dan hubungan dengan janji kemerdekaan dari Jepang. Hasil keputusan disampaikan kepada Ir. Soekarno pada malam harinya tetapi ditolak Soekarno karena merasa bertanggung jawab sebagai ketua PPKI.

[sunting]

Thursday 13 October 2011

PEMETAAN DAN SK, KD






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Menunjukkan sikap positif  terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.1 Mendeskripsi-kan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat


·       Menjelaskan pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat.
·       Menjelaskan manfaat norma
·       Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
·       Menjelaskan  macam-macam norma
·       Menjelaskan sumber-sumber norma masyarakat.
·       Menjelaskan sanksi pelanggaran norma









1.2 Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara


·       Menjelaskan pengertian hukum
·       Menjelaskan pembagian hukum menurut bentuk, sifat dan isinya.
·       Menjelaskan pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat
·       Menjelaskan tujuan ditetapkannya  hukum dalam suatu negara
·       Menjelaskan tugas penegak hukum di negara  RI
·       Menjelaskan macam-macam peradilan
·       Menjelaskan  negara Indonesia adalah negara hukum  


1.3 Menerapkan norma-norma  kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

·       Memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan  norma dalam hidup berbangsa dan bernegara
·       Memberikan contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat.
·       Menghormati dan menjunjung tinggi norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan masyarakat.
·       Mematuhi peraturan yang berlaku dalam hidup bermasyarakat
·       Penerapan  norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat


2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
2.1  Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan





·       Menguraikan ciri-ciri  perjuangan bangsa Indo nesia sebelum dan sesudah Tahun 1908.
·       Menjelaskan penderitaan rakyat pada masa penjajahan.
·       Menjelaskan faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya
·       Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
·       Menjelaskan  pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan


2.2  Mendeskripsi-kan suasana kebatinan konstitusi pertama





·       Menjelaskan peristiwa Rengas Dengklok
·       Menjelaskan peristiwa perumusan naskah proklamasi
·       Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia


2.3.Menganalisis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

·     Menjelaskan suasana sidang PPKI  tanggal 18-8-1945
·       Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945
·       Menjelaskan hubungan  proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan   UUD 1945.


2.4  Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan





·       Menerapkan  cara sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI
·       Memberi contoh cara menghargai para pahlawan
·       Menunjukkan perilaku untuk meneladani sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan
·       Menunjukkan perilku positif  terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI.

Jumlah





Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :





PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : VII (1) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
3.1  Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM


·       Menjelaskan pengertian HAM
·       Menjelaskan sejarah perjuangan HAM
·       Menjelaskan dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia
·       Menunjukkan lembaga perlindungan  HAM
·       Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional 
·       Menunjukkan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang HAM
·       Menjelaskan  berbagai instrumen HAM


3.2  Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM


·       Memberikan contoh pelanggaran HAM
·       Menganalisis pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
·       Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia
·       Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM


3.3  Menghargai upa ya perlindungan HAM


·       Menguraikan peranan  lembaga perlindungan HAM
·       Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM


3.4  Menghargai upa ya penegakkan HAM


·       Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya
·       Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya

4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat

·       Menjelaskan pengertian kemerdekaan mengeluarkan pendapat
·       Menyebutkan perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
·       Menjelaskan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dimuka umum
·       Menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar
·       Mengkaji akibat pem batasan kemerdekaan mengemukakan pendapat
·       Mendeskripsikan konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas


4.2  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab


·       Menjelaskan alasan  mengemukakan pendapat harus dilandasi kebebasan yang bertanggung jawab
·       Menjelaskan tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum
·       Menjelaskan  tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
·       Menjelaskan tata cara mengeluarkan pendapat dimuka umum


4.3Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

·       Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
·       Menerapkan kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah, masyarakat  secara bertanggung jawab

Jumlah










Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
1.1.Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara


·       Menyimpulkan pengertian Idiologi
·       Menjelaskan  pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara
·       Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
·       Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh


1.2. Menguraikan  nilai-nilai Pancasila  sebagai  dasar negara  dan ideologi negara



·       Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia di masa lalu dan sekarang
·       Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila


1.3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


·       Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
·       Menunjukkan sikap positif para pendiri negara terhadap Pancasila ketika akan disyahkan oleh PPKI  menjadi dasar negara 
·       Menjelaskan alasan para pendiri negara memilih Pancasila sebagai dasar negara bukan idiologi lain
·       Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila


1.4. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat

·       Memberikan contoh perilaku  yang sesuai dengan sila 1 s.d. sila ke lima dalam kehidupan (keluarga, sekolah dan masyarakat)

2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
2.1.Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia


·       Menjelaskan pengertian konstitusi
·       Mengindentifikasi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
·       Menjelaskan ketata negaraan menurut UUD 1945
·       Menjelaskan ketata negaraan menurut Kostitusi RIS kurun waktu 1949 s.d. 1950
·       Menjelaskan ketata negaraan menurut UUDS 1950 kurun waktu 1950 s.d. 1959
·       Menjelaskan pelaksanaan ketata negaraan menurut UUD 1945 kurun waktu 1959 s.d. 1965
·       Menjelaskan  sistem ketatanegaraan  menurut  UUD 1945 hasil Perubahan


2.2.Menganalisis penyimpangan
Penyimpangan
        terhadap
        konstitusi yang
        berlaku di
        Indonesia


·       Menjelaskan Penyimpangan secara hukum pada masa berlakunya  UUD 1945 periode 1945—1949
·       Mengidentifikasi kejadian-kejadian secara hukum maupun secara politik  pada masa  berlakunya UUDS 1950
·       Mengidentifikasi penyimpangan yang terjadi pada masa berlakunya UUD 1945 pada kurun  waktu 1959 s.d. 1998


2.3.Menunjukkan  hasil-hasil Perubahan UUD 1945



·       Menjelaskan alasan terjadinya
·       perubahan terhadap UUD 1945
·       Menjelaskan Sistimatika UUD 1945 setelah terjadi perubahan
·       Mengidentifikasi Jenis – jenis hasil perubahan terhadap UUD 1945


2.4 Menampilkan sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen

·       mengamti sikap positif  terhadap pelaksanaan UUD 1945  hasil perubahan
·       Menampilkan  perilaku positif  terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil perubahan

3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional
3.1  Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional

·   Menjelaskan pengertian perundang-undangan Nasional
·   Menjelaskan  pentingnya peraturan perundang-undangan
·   Menjelaskan  Tata urutan Perundang-undangan menurut UUNo. 10. Th 2004
·   Menjelaskan lembaga pembuat perundang-undangan Nasional


3.2. Mendeskripsi-kan proses
       pembuatan peraturan perundang-undangan nasional


·   Menguraikan proses pembentukan UUD 1945
·   Menguraikan proses perubahan UUD 1945
·   Mendeskripsikan proses pembentukan undang-undang
·   Menjelaskan proses pembuatan pembentukan Perpu
·    Menjelaskan proses pembuatan peraturan pemerintah
·   Menjelaskan Proses pembuatan keputusan Presiden
·   Menjelaskan Proses pembuatan Peraturan Daerah


3.3.Mentaati peraturan perundang-undangan nasional


·   Menampilkan Sikap mentaati perundangan undangan tentang pendidikan
·   Menampilkan perilaku mentaati perundangan undangan Narkoba
·   Menampilkan perilaku mentaati perundangan undangan nasional


3.4. Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia



·   Menjelaskan pengertian korupsi
·   Mengidentifikasi kasus-kasus korupsi yang terjadi dalam masyarakat
·   Mengidentifikasi akibat korupsi bagi kehidupan masyarakat
·   Memberikan contoh upaya yang dilakukan oleh pemerintah  dalam pemberantasan korupsi
·   Memberikan contoh sikap kritis terhadap setiap tindakan korupsi
·   Memberikancontoh dukungan terhadap pemberantasan korupsi


3.5. Mendeskripsikan pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia


·   Merumuskan pengertian anti korupsi
·   Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi
·   Menyebutkan lembaga-lembaga
pemberantasan korupsi

Jumlah











Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
4.1  Menjelaskan hakikat demokrasi



·        Menyimpulkan Pengertian Demokrasi
·        Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi
·        Mengidentifikasi Prinsip-prinsip pemerintahan demokrasi
·        Menyebutkan Macam-macam demokrasi
·        Menjelaskan pengertian Demokrasi Pancasila
·        Menyebutkan Landasan pelaksanaan Demokrasi Indonesia


4.2  Menjelaskan pentingnya kehidupan demokratis dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara



·        Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
·        Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi, dibanding dengan sistem pemerintahan non demokrasi
·        Memberikan  contoh masyarakat yang emokratis


4.3  Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan


·        Memberikan contoh  sikap dan perilaku demokrasi dalam kehidupan keluarga, sekolah,  bangsa dan negara

5. Memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di Indonesia

5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat



·        Merumuskan pengertian kedaulatan
·        Menjelaskan  pengertian kedaulatan rakyat
·        Menjelaskan pengertian kedaulatan kedalam dan keluar
·        Menjelaskan macam-macam teori kedaulatan
·        Menjelaskan  kedaulatan yang dianut oleh bangsa Indonesia dan landasan hukumnya


5.2.Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat


·        Menjelaskan pengertian sistem pemerintahan
·        Menjelaskan sistem pemerintahan presidentil
·        Menjelaskan sistem pemerintahan parlementer
·        Menjelaskan sistem pemerintahan  RI menurut UUD 1945
·        Menjelaskan pembagian kekuasaan menurut Montesque
·        Menjelaskan tugas  lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat


5.3.Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia


·        Memberikan contoh sikap positip pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam lngkungan masyarakat dan sekolah

Jumlah











Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : IX (3) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Menampilkan  partisipasi dalam usaha pembelaan negara
1.1.Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara

·  Menjelaskan pengertian negara
·  Menjelaskan   unsur-unsur negara
·  Menentukan tujuan negara
·  Menjelaskan fungsi negara
·  Menjeskan hakikat  Pembelaan negara
·  Menjelaskan alasan pentingnya  bela  negara   bagi warga negara


1.2.Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara










·  Menunjukkan peraturan per undangan tentang pembelaan negara
·  Menjelaskan pengertian sishankamrata
·  Menjelaskan bentuk-bentuk pembelaan negara
·  Menjelaskan bentuk-bentuk ancaman terhadap negara.
·  Menjelaskan komponen pertahanan negara


1.3.Menampilkan   peran serta dalam usaha pembelaan negara


·  Menentukan sikap terhadap berbagai ancaman dalam berbagai lingkungan
·  Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya

2. Memahami pelaksanaan Otonomi daerah
2.1  Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah





·   Menjelaskan pengertian otonomi daerah
·   Menjelaskan berbagai peraturan perundangan mengenai otonomi daerah
·   Menjelaskan tujuan Otonomi Daerah
·   Menyebutkan prinsip Otonomi Daerah
·   Menguraikan arti penting otonomi daerah bagi bangsa dan negara
·   Membedakan urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah
·   Menguraikan penyelenggaraan pemerintahan daerah


2.2  Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah

·  Menguraikan pengertian kebijakan, kebijakan publik
·  Menguraikan proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik
·  Menjelaskan arti penting partisipasi masyarakat dalam perumusan
·  Menjelaskan tujuan kebijakan publik
·  Menjelaskan konsekuensi ketidakikutsertaan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik
·  Melakukan partisipasi dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah


Jumlah











Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :
    
…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :





PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester            : IX (3) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
3.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia


· Menjelaskan makna globalisasi
· Menjelaskan faktor penyebab globalisasi
· Menjelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia



3.2.Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global


·  Menjelaskan hakekat politik luar negeri bebas aktif
·  Menguraikan  landasan hukum politik luar negeri Indonesia
·  Menjelaskan peranan Indonesia dalam hubungan Internasional di era globalisasi !


3.3  Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara


·  Menjelaskan dampak globalisasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan bernegara
·  Menjelaskan dampak globalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


3.4  Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi

· Menentukan sikap terhadap dampak positif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernagara
· Menentukan sikap terhadap dampak negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Menguraikan dampak globalisasi terhadap berbagai kehidupan masyarakat
· Bersikap kritis terhadap dampak globalisasi

4. Menampilkan  prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
4.1  Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa


· Menjelaskan Pengertian Prestasi Diri
· Menjelaskan Arti Penting Prestasi Diri bagi Keunggulan bangsa Indonesia


4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan

· Menjelaskan Pengertian potensi diri
· Menganalisis Kelebihan dan kelemahan diri
· Memberi contoh Perwujudan potensi diri dalam berprestasi diri
· Melakukan berbagai kegiatan di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk mewujudkan keunggulan bangsa


4.3  Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa

· Menentukan sikap positif yang diperlukan dalam prestasi diri
· Menentukan sikap negatif yang harus dihilangkan dalam berprestasi diri
· Menampilkan  peran serta dalam berbagai aktivitas untuk berprestasi demi keunggulan bangsa

Jumlah










Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP :